Secured by Siteground Web Hosting

ja_mageia

Sekapur Sirih

Bismillahirrahmanirahim Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, website Bappeda Kabupaten SIAK dapat kembali online.selengkapnya.

 

 

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home PROFIL Unit Kerja Sekretariat Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Siak tahun 2012
Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Siak tahun 2012 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 06 March 2012 07:34

SIAK- Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Siak tahun 2012, diresmikan Bupati Syamsuar, Selasa (6/3/12) di Raja Indra Pahlawan Room kantor bupati siak. Acara dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Alfedri, para asisten dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Siak.

Bupati Syamsuar mengatakan bahwa Forum SKPD merupakan salah satu tahapan lanjutan dari rangkaian penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Siak tahun 2013, yang telah dimulai dari pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa/Kelurahan pada Bulan Januari lalu.


Selain itu Musrenbang Kecamatan yang telah diselenggarakan oleh 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak dari tanggal 9 sampai dengan 20 Februari 2012 lalu.

Kegiatan SKPD sebagai, perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Pelaksanaan Forum SKPD harus menggunakan pendekatan partisipatif dan pendekatan teknokratis. Partisipatif akan menjadikan forum ini menjadi wadah untuk melakukan sinergisitas antara usulan kegiatan bersifat spasial dengan sektoral, sedangkan pendekatan teknokratis lebih kepada data dan ukuran pencapaian teknis yang dikembangkan setiap SKPD.

Dalam forum SKPD akan dibahas rancangan Rencana Kerja SKPD, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Desa/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja SKPD, yang difasilitasi oleh SKPD terkait.

"Bila kita cermati bersama kondisi obyektif Kabupaten Siak saat ini, maka disamping peluang dan potensi yang dimiliki masih banyak tantangan ke depan yang akan kita hadapi. Infrastruktur Jalan, Jembatan, listrik, air bersih, akses kesehatan, pendidikan dan kondisi ekonomi masyarakat masih harus terus kita benahi," terang Syamsuar.

Untuk itu diharapkan usulan program dan kegiatan SKPD agar memperhatikan kebijakan dan program prioritas Kabupaten Siak sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Siak tahun 2011-2016.

Kebijakan dan Program Prioritas Ketenagakerjaan meliputi penyesuaian upah kerja, perlindungan pekerja, fasilitasi kesehatan dan keselamatan kerja, revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) & pelatihan kerja yang sesuai dengan pasar kerja, Transparansi lowongan ketenagakerjaan dan sistem jaminan kesehatan pekerja, tenaga kesehatan dan guru non PNS.

Kebijakan dan program prioritas reformasi birokrasi dan optimalisasi pelayanan publik meliputi, penataan struktur dan fungsi organisasi Pemkab, pemangkasan aturan yang menghambat investasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang mudah dan cepat, Penerapan sistem tambahan penghasilan dengan pola reward and punishment system.

Pengembangan kapasitas aparatur, khususnya aparatur pengelola keuangan daerah, pengawasan, dan aparatur teknis lainnya, Inisiasi dan implementasi budaya birokrasi yang sopan, jujur, ramah dan cepat, optimalisasi pelayanan perizinan satu pintu (layanan KPT hingga ke tingkat kecamatan dan desa).

Pelaksanaan standar pelayanan minimal untuk semua pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan) dan inisiasi pelayanan prima serta Pengurusan KK dan KTP gratis.

Kebijakan dan program prioritas pengembangan dan pembangunan infrastruktur dan penataan ruang meliputi, pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan, jembatan, air bersih dan jaringan listrik irigasi pasar.

Serta pembangunan jalan menuju sentra pertanian dan perkebunan, pembangunan dan peningkatan infrastruktur dasar (pendukung) pendidikan dan kesehatan, penataan ruang kabupaten, kecamatan dan desa, penataan dan pengembangan sistem transportasi perkotaan terpadu (Siak Sri Indrapura, Perawang, Minas, Sei Apit, Kandis, Lubuk Dalam, dan Buatan II), Pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru yang memberikan kesempatan untuk lapangan kerja.

Kebijakan dan Program Prioritas Kesejahteraan Rakyat meliputi, bidang pendidikan terdiri dari, program pemerataan fasilitas (perpustakaan, Lab) dan akses pendidikan, program beasiswa untuk anak- anak dari keluarga tidak mampu dan siswa berprestasi, Program beasiswa untuk guru yang berprestasi, Pengembangan IT di sekolah, Program penuntasan wajar 9 tahun dan inisiasi wajar 12 tahun, Program peningkatan kesejahteraan, peningkatan kualitas dan kualifikasi pendidikan guru (negeri swasta dan agama), Program pembangunan dan pengembangan sekolah-sekolah agama dan pendidikan usia dini.

Hasil Forum Ini akan di lanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada tagl 14 s/d 17 maret 2012 nanti.

 

Last Updated on Monday, 19 March 2012 08:06
 

Login Webmail

Username: Password:

UNIT KERJA

SEKRETARIAT BAPPEDA

BIDANG SDM & KESSOS

BIDANG LITBANG

BIDANG EKONOMI

BIDANG Infra & Peng. Wilayah

BIDANG STAPEL