Bupati Siak Paparkan RKPD Tahun 2021 pada acara Forum Konsultasi Publik

SIAK – Bupati Siak Alfedri mengekspose agenda forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Siak tahun 2021.

Ekspose agenda forum RKPD tersebut bertemakan Peningkatan Kualitas SDM yang Agamais dan Berbudaya melayu. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi, penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaludin,  pimpinan OPD, camat se-Kabupaten Siak, serta tokoh masyarakat di Ruang Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis (13/2).

Dalam ekspose tersebut ada tiga poin yang dipaparkan Alfedri yakni perkembangan capaian pembangunan Kabupaten Siak, prioritas dan target pembangunan tahun 2021. Pada poin capaian pembangunan daerah, Bupati juga menjelaskan beberapa hal terkait data pertumbuhan ekonomi Kabupaten Siak.

“Pertumbuhan ekonomi daerah meningkat dari sektor migas dan nonmigas dan inflasi stabil pada tingkat yang rendah. Dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Siak terus meningkat dan sudah masuk kategori tinggi,” jelas Alfedri.

Untuk IPM, sebut Alfedri, Kabupaten Siak tertinggi kedua di Provinsi Riau setelah Kota dumai dengan pencapaian 73,73 pada 2018.

Lanjut Alfedri, persentase penduduk miskin Kabupaten Siak pada tahun 2018 sebesar 5,44 persen, tergolong lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Tingkat kemiskinan Kabupaten Siak juga berada di bawah persentase penduduk miskin Provinsi Riau sebesar 7,39 persen.

Agenda prioritas pembangunan Kabupaten Siak pada tahun  2021 di antaranya peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, pengembangan pariwisata, peningkatan insfrastruktur dasar, pelestarian lingkungan hidup, peningkatan kawasan strategis yakni pertanian, pariwisata dan KITB, serta peningkatan pelayanan publik.(zed)(riaupos.co)