Bidang Penelitian dan Pengembangan

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan

(1) Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai tugas mengkoordinasikan kegiatan penelitian, pengembangan inovasi daerah, pengembangan kerjasama daerah, pengumpulan dan pengolahan data perencanaan sesuai bidang tugas serta evaluasi dan laporan.
(2) Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Penelitian dan Pengembangan, mempunyai fungsi:
a. penyusunan kebijakan teknis Bidang Penelitian dan Pengembangan
b. pelaksanaan penelitian dalam rangka perencanaan dan pengembangan pembangunan;
c. pengkoordinasian pelaksanaan sinkronisasi, harmonisasi dan sinergi kebijakan penguatan sistem inovasi daerah;
d. pengkoordinasian pemberdayaan organisasi kemasyarakatan dan mensinergikan dengan penguatan sistem inovasi daerah;
e. penyusunan rencana program dan kegiatan pengembangan kerjasama daerah;
f. pengkoordinasian petunjuk pelaksanaan pengelolaan pengembangan kerjasama daerah;
g. pengkoordinasian pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan kelitbangan; dan
h. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas dan fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepala Subbidang Iptek, Penelitian, Data dan Pengkajian

(1) Kepala Subbidang Iptek, Penelitian, Data dan Pengkajian mempunyai tugas :
a. menyusun rencana dan program kerja Subbidang Iptek, Penelitian, Data dan Pengkajian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. melaksanakan rencana dan program kerja Subbidang Iptek, Penelitian, Data dan Pengkajian;
c. melaksanakan penyusunan kebijaksanaan perencanaan penelitian;
d. mengevaluasi pelaporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan proses perencanaan;
e. melaksanakan penelitian dan pengkajian terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dalam rangka percepatan pengembangan pembangunan di daerah;
f. menghimpun dan mengolah data penelitian;
g. mengkaji dan menganalisis isu-isu strategis sebagai bahan penyusunan perencanaan pembangunan daerah;
h. menyusun rekomendasi hasil penelitian dan pengkajian penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah untuk dapat dikembangkan dan dilaksanakan oleh masing-masing SKPD;
i. menyusun laporan hasil pengkajian dan penelitian;
j. membagi tugas dan petunjuk kepada bawahan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Subbidang Iptek, Penelitian, Data dan Pengkajian;
k. menilai prestasi kerja bawahan; dan
l. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas dan fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepala Subbidang Kerjasama Daerah

(2) Kepala Subbidang Kerjasama Daerah mempunyai tugas :
a. mempelajari ketentuan, peraturan, kebijakan dan pedoman yang berhubungan dengan bidang tugas;
b. melaksanakan koordinasi dengan instansi lain dalam pelaksanaan penelitian dan pada sektor pengembangan kerjasama daerah;
c. melakukan koordinasi pelaksanaan pengembangan dan sosialisasi hasil penelitian pengembangan dan kerjasama daerah;
d. mengkaji dan mengidentifikasi kebijakan nasional yang berdampak pada daerah dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan kebijakan dan program prioritas nasional dalam pembangunan daerah;
e. menyusun laporan hasil pengkajian dan identifikasi kebijakan nasional yang berdampak pada daerah meliputi kesesuaian terhadap keberlanjutan program, dampak yang diinginkan dari sisi pencapaian target atau sasaran, tingkat keterdesakan dan kemampuan anggaran;
f. menyusun rencana program dan kegiatan pengembangan kerjasama daerah;
g. melaksanakan dan memfasilitasi kerjasama antar pemerintah daerah/ dinas/instansi/lembaga dan swasta sebagai mitra kerjasama dalam percepatan pembangunan;
h. mengevaluasi pelaksanaan kerjasama yang dilakukan  dengan pihak-pihak lainnya;
i. melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan berbagai pihak terkait dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Sub Bidang Pengembangan Kerjasama Daerah atas persetujuan/ sepengetahuan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan;
j. melaksanakan pemberian penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa);
k. melaksanakan penetapan kebijakan penguatan Sistem Inovasi Daerah;
l. melaksanakan pelaksanaan sinkronisasi, harmonisasi dan sinergi kebijakan penguatan Sistem Inovasi Daerah;
m. melaksanakan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan dan mensinergikan dengan penguatan Sistem Inovasi Daerah;
n. menyusun laporan hasil Sistem Inovasi Daerah;
o. melaksanakan Pengumpulan, Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah, serta menyampaikan data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui media online;
p. melaksanakan Pengembangan data dan informasi berbasis Sistem Informasi Geografis;
q. membagi tugas dan petunjuk kepada bawahan;
r. menilai prestasi kerja bawahan; dan
s. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas dan fungsinya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.